Segmentasi Geografi dan Perilaku Berpengaruh terhadap Keputusan Memilih Layanan Rawat Inap di Rumah Sakit

Authors

  • Vidria Handayani Tae Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya
  • Tita Hariyanti Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya
  • Harun Al Rasyid Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2017.029.03.13

Keywords:

Layanan rawat inap, keputusan membeli, segmentasi pasar

Abstract

Rendahnya pemanfaatan tempat tidur di rumah sakit menandakan rumah sakit perlu melakukan strategi pemasaran sosial. Segmentasi pengguna layanan kesehatan merupakan salah satu strategi untuk mendefinisikan kebutuhan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan segmentasi pengguna dengan keputusan memilih layanan rawat inap di rumah sakit. Responden dalam penelitian yang berdesain cross sectional ini adalah penduduk dari 7 kecamatan yang berusia ≥18 tahun sejumlah 279 orang dan pernah memanfaatkan layanan rawat inap di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dengan variabel segmentasi geografi, segmentasi demografi, segmentasi psikografi dan segmentasi perilaku sebagai variabel independen. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa seluruh variabel independen secara bersama-sama berhubungan signifikan (β=10,960 dan p=0,000) dengan keputusan memilih layanan rawat inap di rumah sakit. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa hanya segmentasi geografi (β=-0,131 dan p=0,016) dan perilaku (β=0,385 dan p=0,000) berhubungan dengan keputusan memilih layanan rawat inap di rumah sakit.
Kata Kunci: Layanan rawat inap, keputusan membeli, segmentasi pasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan K dan Djati SP. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja-Bali. Jurnal Manajemen dan Kewirasahaan. 2011; 13(1): 32-39.

Nahor MB. Studi Deskriptif tentang Kinerja Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Ramelan Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik. 2015; 3(3): 283-292.

Munandar D. Analisis Penentuan Segmen, Target, dan Posisi Pasar Home Care di Rumah Sakit AL-ISLAM Bandung. Majalah Ilmiah UNIKOM. 2005; 6(2): 233-244.

Rodrigues TKA, Lira AM, and Naas IA. Consumer Behavior and Market Segmentation for Workplace Safety Consultants of Small Business. Independent Journal of Management & Production. 2015; 6(1): 123-140.

Franklin D, Ingramn C, and Levin S. A Closer Look at Self-Pay Segmentation. Healthcare Financial Management: Journal of the Healthcare Financial Management Association. 2010; 64(9): 72-78.

Magnadi RH dan Indriani F. Strategi Pemasaran Kolaboratif Sebagai Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan. Sustainable Competitive Advantage. 2013; 1(1): 1-13.

Rumah sakit Baptis Batu. Laporan Tahunan Rumah Sakit. Batu: Rumah Sakit Baptis Batu; 2015.

Ridintika I dan Rachmani E. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Jalan oleh Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Ungaran Kabupeten Semarang. Jurnal VISIKES. 2009; 8(1): 54-63.

Rovitasari SM, Utami S, dan Sandra C. Analisis Segmentasi Pasar Pengguna Jasa Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Tahun 2013. [Skripsi]. Universitas Jember, Jember. 2013.

Hutagalung RB dan Aisha N. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Menggunakan Dua Ponsel (GSM dan CDMA) pada Mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi USU. Jurnal Manajemen Bisnis. 2008; 1(3): 97-102.

Gehrt KC and Pinto MB. Assessing the Viability of Situationally Driven Segmentation Opportunities in the Health Care Market. Hospital & Health Services Administration. 1993; 38(2): 243-265.

Gaol TL. Pengaruh Faktor Sosiodemografi, Sosioekonomi dan Kebutuhan terhadap Perilaku Masyarakat dalam Pencarian Pengobatan di Kecamatan Medan Kota Tahun 2013. [Tesis]. Universitas Sumatera Utara, Medan. 2013.

Nurpeni EF. Rencana Pamasaran Klinik Eksekutif Rumah Sakit Hermina Depok dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 2014; 1(2): 116-123.

Lestari ST. Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Jurnal Interaksi. 2015; 4(2): 139-147.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia; 2003.

Rondonuwu M. Tingkat Pendidikan, Motivasi dan Promosi Pengaruhnya terhadap Keputusan Penggunaan Produk Nasabah Priority Banking Bank Sulut. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. 2013; 1(3): 257-264.

Shayo EH, Norheim OF, Mboera LEG, et al. Challenges to Fair Decision-Making Processes in the Context of Health Care Services: A Qualitative Assessment from Tanzania. International Journal for Equity in Health. 2012; 11(1): 1-12.

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2011.

Hariyanti T, Harsono, dan Prabandari Y. Health Seeking Behaviour pada Pasien Stroke. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015; 28(3): 242-246.

Kamaluddin R. Pertimbangan dan Alasan Pasien Hipertensi Menjalani Terapi Alternatif Komplementer Bekam di Kabupaten Banyumas. Jurnal Keperawatan Soedirman. 2010; 5(2): 95-104.

Hartono B. Analisis Pencapaian Impas-Biaya Rumah Sakit Umum Pemerintah dalam Rangka Pelayanan bagi Masyarakat Miskin: Studi Kasus Jawa Tengah. Buletin Penelitian Kesehatan. 2009; 37(1): 1-11.

Erlangga. Portal e-Brosur Berbasis Modern Advertising Methods untuk Efektifitas Periklanan. Expert-Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi. 2014; 4(1): 20-42.

Triastity R. Customer Relationship Management: Upaya Pencapaian Profitabilitas Jangka Panjang. Ekonomi dan Kewirausahaan. 2010; 10(2): 139-151.

Ardani W dan Suprapti NWS. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan WOM (Studi di RSUD Wangaya Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2012; 1(2): 240-254.

Basalamah FM. Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Word of Mouth. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 2011; 17(1):79-89.

Kartajaya H. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Jakarta: Erlangga; 2010.

Devita dan Sumartono. Hubungan Manfaat Kegiatan Community Relations dengan Citra Perusahaan PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. pada Masyarakat Kragilan Serang Banten. Jurnal Komunikologi (Ilmu Komunikasi). 2010; 7(2): 175-194.

Oktariyani N, Marwati T, dan Rosyidah. Hubungan antara Brand Image dengan Minat Pasien untuk Berobat di Poliklinik Anak Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health). 2013; 5(3): 1-9.

Tan SSD. Kajian Customer Relationship Marketing dalam Bisnis Ritel. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen. 2013; 2(2): 1-7

Downloads

Published

2017-02-03

Issue

Section

Research Article