Faktor-faktor yang Mempengaruhi Optimalisasi Unit Rawat Jalan di RS X

Authors

  • Kurnia Widyaningrum Program Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang
  • Tatong Harijanto Program Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang
  • Hartojo Hartojo RSI Aisyiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2015.028.02.4

Abstract

Utilisasi pelayanan rawat jalan merupakan salah satu indikator penting kinerja rumah sakit. Hasil studi pendahuluan di unit rawat jalan RS tempat studi menunjukkan nilai utilitas dan optimalisasi masih belum maksimal dan terjadi penurunan angka kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi unit rawat jalan dan solusi untuk meningkatkan optimalisasinya. Metode yang digunakan adalah dengan observasi, telaah dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap antara utilitas ruang dan optimalisasi petugas. Utilitas ruang hanya 22,4% sedangkan optimalisasi masing-masing dokter sudah sangat optimal yaitu 141,6%, 172,9% dan 68,75%. Dengan menggunakan diagram fishbone ditemukan faktor–faktor utama kurang optimalnya unit rawat jalan adalah dari sumberdaya manusia yang kurang dan lingkungan yang kurang nyaman. Analisis 5 why's menemukan sistem monitoring dan evaluasi (monev) belum berjalan secara maksimal sebagai akar masalah. Solusi yang disepakati untuk meningkatkan optimalisasi di unit rawat jalan ini adalah dengan mengaktifkan kembali tim monev dengan pemberian pelatihan tentang monev.  Kata Kunci: Evaluasi kinerja rawat jalan, monitoring, optimalisasi, utilisasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Notoatmodjo S. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip- Prinsip Dasar. Jakarta: PT Rinneka Cipta; 2003.

Hariyanti RE. Analisis Strategi Pemasaran Pelayanan Skin Medical Center di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2010; 4: 76-82.

Philip K dan Lane KK. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga; 2009.

Hafizurrachman. Kepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2009; 4(1): 10-17.

Singh H. The Importance of Customer Satisfaction in Relation to Customer Loyalty and Retention. [Working Paper]. Asia Pacific University College of Technology & Innovation Technology Park, Malaysia. 2006.

Aga NA, Hendrartini J, dan Margo V. Perbandingan Tingkat Kepuasan Peserta Askes Wajib dan Sukarela terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Tingkat I. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2005; 8(4): 183-190.

Suharmiati dan Didik B. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2007; 10(2): 123-130.

Trisnantoro L. Memahami Ilmu Ekonomi dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gajah Mada University Press; 2009.

Aprilya V. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan tehadap Kepuasan Pelanggan J.Co Cabang Padang. Jurnal Manajemen. 2013; 2(1): 9.

Kriswidiati K, Sudiro S, dan Mawarni A. Analisis Faktor-faktor Manajemen Pelayanan Rawat Jalan yang Mendukung Utilisasi Klinik Spesialis di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. [Tesis]. Universitas Diponegoro, Semarang. 2014.

The Development Assistance Committee. Glossary of Key Terms in Evaluation and Results Based Management. Paris: OECD Publication; 2010.

Syarifah D. Feedback yang Berkelanjutan (Continuous Feedback) untuk Mendukung Penilaian Kinerja Efektif. INSAN. 2012; 14(2): 120-126.

Bambang T. Pengaruh Evaluasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empirik di Bank Pengkreditan Rakyat Syariah Margirizki Yogyakarta). [Skripsi]. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. 2014

Lumbanraja P. Pengaruh Pelatihan dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Prestasi Kerja Perawat di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Langsa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2010; 12(2): 142-155.

Downloads

Published

2015-08-06

Issue

Section

Supplement

Most read articles by the same author(s)