Faktor-Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Rekam Medis Rawat Inap di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

Authors

  • Nurhaidah Nurhaidah Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Brawijaya Malang
  • Tatong Harijanto Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Brawijaya Malang
  • Thontowi Djauhari Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.4

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu sarana pelayanan kesehatan yaitu dengan meningkatkan mutu pelayanan rekam medis meliputi kelengkapan, kecepatan dan ketepatan dalam memberikan informasi untuk kebutuhan pelayanan kesehatan. Rekam medis yang lengkap dan akurat dapat digunakan sebagai referensi pelayanan kesehatan, dasar hukum (medico legal), menunjang informasi untuk meningkatkan kualitas medis, riset medis dan dijadikan dasar menilai kinerja rumah sakit. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang penyebab ketidaklengkapan pengisian rekam medis rawat inap di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (RS UMM). Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen, wawancara dan observasi. Studi dokumen dilakukan pada 40 rekam medis rawat inap yang belum dilakukan assembling, sedangkan wawancara dilakukan kepada petugas terkait untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketidaklengkapan dokumen rekam medis. Observasi dilakukan untuk melengkapi data hasil wawancara. Hasil studi dokumen pada 40 dokumen rekam medis rawat inap didapatkan bahwa jumlah rekam medis yang tidak diisi lengkap adalah 100%, dengan presentasi ketidaklengkapan yang paling banyak adalah dari dokter. Hasil wawancara dan observasi ditemukan tidak adanya kebijakan, panduan dan SPO pengisian rekam medis, kesadaran dokter untuk mengisi rekam medis kurang, tidak adanya data ketidaklengkapan rekam medis, sistem monitoring dan evaluasi rekam medis tidak efektif dan alur berkas rekam medis rawat inap yang tidak sesuai dengan standar. Sebagai solusi untuk meningkatkan kelengkapan pengisian rekam medis yaitu dengan membuat kebijakan, panduan dan SPO tentang pengisian rekam medis.
Kata Kunci: Ketidaklengkapan pengisian rekam medis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imbar RV, dan Kurniawan Y. Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Medis Rawat Jalan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan pada RSUD Kota Batam. Jurnal Sistem Informasi. 2015;7(1): 53-67.

Indar I, Indar, dan Naiem MF. Faktor yang Berhubungan dengan Kelengkapan Rekam Medis di RSUD H. Padjonga DG. Ngalle Takalar. Jurnal Adminsitrasi & Kebijakan Kesehatan Indonesia. 2013; 2(2): 10-18.

Mawarni D dan Wulandari RD. Identifikasi Ketidaklengkapan Rekam Medis Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Identification of The Fulfilment of Medical Record Incompleteness in The Inpatient of Muhammadiyah Hospital Lamongan. Jurnal Administrasi Kesehatan. 2013; 1(2): 192-199.

Kurniawati D dan Sugiarti I. Tinjauan Pengisian Resume Keluar Rawat Inap Ruang Teratai Triwulan IV di RSUD Kabupaten Ciamis Tahun 2012. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2014;2(1): 26-31.

Pamungkas F, Hariyanto T, dan Utami EW. Identifikasi Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015;28(2): 124-128.

Ridho KM, Rosa EM, dan Suparniati E. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pengisian Rekam Medis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan UMY. Jurnal Medicoeticoilegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2013; 2(2): 1-18.

Eny Y dan Rachmani E. Hubungan Pengetahuan Dokter dengan Kelengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan di Poliklinik Neurologi RSUP Dr. Kariadi Semarang Oktober 2008. Jurnal Visikes. 2008; 9(1): 49-57.

Simbolon SA. Kajian Yuridis terhadap Kedudukan Rekam Medis Elektronik dalam Pembuktian Perkara Pidana Malpraktek oleh Dokter. Jurnal Lex Crimen. 2015;4(6): 152-161.

Lihawa C, Mansur M, dan Sarwiyata TW. Faktor-Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Rekam Medis Dokter di Ruang Rawat Inap RSI Unisma Malang. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015; 28(2): 119-123.

Pratiguna AA. Pengaruh Pre Akreditasi JCI (Joint Commission International) terhadap Kelengkapan Data Rekam Medis Resume Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta. Jurnal Infokes Apikes Citra Medika Surakarta. 2012; 2(2): 63-76.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medis; 2006.

Rahmadhani IS, Sugiarsi S, dan Pujihastuti A. Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Dalam Batas Waktu Pelengkapan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Jurnal Kesehatan. 2008;2(2): 82-88.

Rohman H, Hariyono W, and Rosyidah. Kebijakan Pengisian Diagnosis Utama dan Keakuratan Kode Diagnosis pada Rekam Medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal Of Public Health). 2011; 5(2): 162-232.

Solikhah, Pamungkas TW, dan Marwati T. Analisis Ketidaklengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health). 2010; 4(1): 17-28.

Pratiwi AH, Hariyanti T, dan Susilo S. Pengembangan Alur Pasien dan Berkas Rekam Medis Sebagai Optimalisasi Sistem Informasi Rekam Medis. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015; 28(2): 129-135.

Sari DP. Analisis Karakteristik Individu dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kinerja Dokter dalam Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Hermina Depok. [Tesis]. Universitas Indonesia, Depok. 2011.

Wuryandari G. Peningkatan Kelengkapan Rekam Medis. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan. 2013; 11(2): 60-65.

Downloads

Published

2016-08-30

Issue

Section

Supplement