Pengembangan Jenjang Karir sebagai Strategi Mengelola Ketidakpuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.9Abstract
Kepuasan kerja perawat yang kurang dan angka turnover perawat yang tinggi di RS tempat studi merupakan suatu masalah yang memerlukan perhatian dari manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) agar tidak menjadi penyebab rendahnya mutu pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisa dan menentukan solusi dari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja perawat di RS ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan cara survei menggunakan kuesioner, wawancara, dan diskusi. Analisis terhadap faktor yang paling mempengaruhi kepuasan kerja perawat di RS ini dilakukan melalui diskusi dengan anggota lima belas orang yang terdiri dari kepala ruangan dan kepala bagian keperawatan. Hasil diskusi menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat adalah belum adanya program pengembangan karir di RS ini. Solusi untuk meningkatkan kepuasan kerja perawat di RS ini adalah merancang program pengembangan karier dengan membuat tool pengembangan jenjang karir perawat berdasarkan kompetensinya.
Kata Kunci: Jenjang karir, kepuasan kerja perawat
Downloads
References
Suroso J. Penataan Sistem Jenjang Karir Berdasar Kompetensi untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja dan Kinerja Perawat di Rumah Sakit. Eksplanasi. 2012; 6(2): 123-131.
Sirin M and Sokmen SM. Quality of Nursing Work Life Scale: The Psychometric Evaluation of the Turkish Version. International Journal of Caring Sciences. 2015; 8(3): 543-556.
Lusiati A dan Supriyanto S. Dampak Faktor Individu, Faktor Pekerjaan dan Faktor Organisasi pada Kepuasan Kerja dan Intensi Turnover Perawat. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 2013; 1(2): 156-166.
Mardiana I, Hubeis AVS, dan Panjaitan NK. Hubungan Kepuasan Kerja dengan Turnover Intentions pada Perawat Rumah Sakit Dhuafa. Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. 2014; 9(2): 119-130.
Mosadeghrad AM. Quality of Working Life: An Antecedent to Employee Turnover Intention. International Journal of Health Policy and Management. 2013; 1(1): 43-50.
Newman K, Maylor U, and Chansarkar B. “The Nurse Satisfaction, Service Quality and Nurse Retention Chain†Implications for Management of Recruitment and Retention. Journal of Management in Medicine. 2002; 16(4-5): 271-291.
Noras JU dan Sartika RAD. Perbandingan Tingkat Kepuasan Kerja Perawat dan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2012; 6(5): 234-240.
Faramita NI, Mansur M, dan Huda S. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Tenaga Kesehatan di RS X Kepanjen. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014; 28(1): 47-53.
Wibowo. Manajemen Kerja. Edidi ke 4. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa; 2014.
Andini R. Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). [Tesis]. Universitas Diponegoro, Semarang, 2006.
Sitinjak L. Pengaruh Penerapan Sistem Jenjang Karier terhadap Kepuasan Kerja Perawat di RS PGI Â Cikini. [Tesis]. Universitas Indonesia, Jakarta. 2008.
Brahmasari IA dan Suprayetno A. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship). 2008; 10(2): 124-135.
Lelonowati D, Koeswo M, dan Rochmad K. Faktor Penyebab Kurangnya Kinerja Surveilans Infeksi Nosokomial di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2015; 28(2): 186-194.
Budiono S, Noermijati, dan Alamsyah A. Pengaruh Spiritualitas di Tempat Kerja terhadap Turnover Intention Perawat melalui Komitmen Organisasional di Rumah Sakit Islam Unisma Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen. 2015; 12(4): 639-649.
Mosadeghrad AM, Ferlie E, and Rosenberg D. A Study of the Relationship between Job Satisfaction, Organizational Commitment and Turnover Intention among Hospital Employees. Health Services Management Research. 2008; 21(4): 211-227.
Kolibu FK, Hariyanto T, dan Pusparahaju A. Pengembangan Model Jenjang Karir Perawat Klinis di Unit Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014; 28(1): 59-64.
Kacel B, Miller M, and Norris D. Measurement of Nurse Practitioner Job Satisfaction in a Midwestern State. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners. 2005; 17(1): 27-32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).