Persepsi Pasien terhadap Bauran Pemasaran Rumah Sakit dan Pilihan Rumah Sakit

Authors

  • sri retnaningtyas Program Magister Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya Jl. Veteran Malang No 65145 JawaTimur
  • endah woro utami Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang Jl. Veteran Malang No 65145 JawaTimur
  • Mafrurrochim Hasyim Rumah Sakit Syuhada' Haji Jl. Tanjung No 158 Pakunden Sukorejo Blitar JawaTimur

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap bauran pemasaran menurut pilihan utama pasien rawat inap. Jenis penelitian deskriptif dengan sampeI 36 responden yang dipilih secara accidental sampling. Penelitian dilakukan di unit rawat inap Kelas I, Kelas II, Kelas III dan Kelas VIP di RS Syuhada' Haji selama 3 hari. Variabel yang diukur meliputi bauran pemasaran yaitu: produk, lokasi, karyawan, proses, tarif, promosi, dan lingkungan fisik serta penialaian umum dan pilihan utama pelayanan. Hasil menunjukkan persepsi positif pada bauran produk, proses, tarif, dan keahlian namun pada aspek lokasi, promosi, serta penampilan fisik dianggap kurang. Responden juga sebagian besar menyatakan rumah sakit ini sebagai pilihan utama dan menganggap pelayanan yang diberikan adalah terbaik. Tabulasi silang menunjukkan pada responden yang menjadikan rumah sakit ini sebagai pilihan utama cenderung memberikan penilaian yang lebih tinggi pada semua aspek bauran pemasaran dibandingkan yang menyatakan bukan sebagai pilihan utama. Temuan ini mengindikasikan bahwa bauran pemasaran dapat menjadi faktor yang menjadi pertimbangan pasien ketika memilih rumah sakit.
Kata Kunci: Bauran pemasaran, pilihan rumah sakit, persepsi pasien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Susanto H. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit "Roemani" Semarang. [Tesis]. Universitas Diponegoro, Semarang. 1999.

Nurlia C, Hamzah A, dan Indar. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar Tahun 2011. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. 2012; 1(1): 15-21.

Purnamasari AH, Nurhayani, Hamzah A, dan Amir Y. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Kunjungan Pasien di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi Makassar Tahun 2011. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. 2012; 1(1): 40-47.

Priyanto SH, Hariyanti T, dan Fatchurohmani. Peran Bauran Pemasaran dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Memilih Laboratorium Rumah Sakit AL Huda Genteng Banyuwangi. Jurnal Aplikasi Manajemen. 2012; 10(2): 450-457.

Schiffman L dan Kanuk LL. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks Gramedia; 2008.

Subechi B. Youth, Women and Netizen Kini Pegang Peran Strategis (Online) 2014. http://www2.jawapos.com/baca/artikel/8447/youth-women-and-netizen-kini-pegang-peran-strategis [diakses tanggal 14 Februari 2016].

Wadi H dan Rahanatha B. Hubungan Variabel Demografi dengan Respon konsumen terhadap Iklan Merk Top Coffe di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi. 2013; 2(9): 1036-1052.

Ardani W dan Suprapti NWS. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan WOM (Studi di RSUD Wangaya Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 2012; 1(2): 240-254.

Kartajaya H dan Asmara B. WOW Service is Care. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2014.

Ulfah M, Rachmi AT, dan Yuniarinto A. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Jurnal Aplikasi Manajemen. 2013; 11(3): 384-391.

Kafa R. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pasien dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. 2013; 8(1): 105-121.

Basalamah FM. Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Word of Mouth. Bisnis & Birokrasi Journal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 2011; 17(1)1: 79-89.

Rovitasari SM, Utami S, dan Sandra C. Analisis Segmentasi Pasar Pengguna Jasa Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Tahun 2013. [Repository] Universitas Jember, Jember.

Hurriyati R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta; 2005.

Supriyanto dan Ernawati. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Publisher; 2011.

Downloads

Published

2016-08-30

Issue

Section

Supplement