Information for Reviewer
User
Index

JKB telah terindex di Portal GarudaJKB telah terindex di Google Scholar

Notifications
Journal Content

Browse

Pengaruh Loyalitas terhadap Komitmen dan Keinginan Bertahan Berobat Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Gondanglegi

Nikma Fitriasari, Fatchur Rohman, Mulyatim Koeswo
  Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol 29, No. 4 (2017),    

Abstract


ABSTRAK

 

Berkaitan dengan Peta Jalan Jaminan Kesehatan Nasional, seluruh penduduk Indonesia akan menjadi peserta BPJS di tahun 2019.  Pasien umum di Rumah Sakit Islam (RSI) Gondanglegi sebesar 73,6% juga akan menjadi peserta BPJS.  Ini menjadi tantangan bagi rumah sakit agar pasien umum tetap memilih berobat di RSI Gondanglegi.  Tantangan berikutnya adalah peserta BPJS memiliki consumer choice sehingga bebas memilih fasilitas kesehatan dan  adanya rumah sakit kompetitor yang bekerjasama dengan BPJS.  Hal ini menuntut  rumah sakit memiliki strategi peningkatkan kepuasan pasien sehingga mereka tetap loyal terhadap rumah sakit.  Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh loyalitas pasien terhadap komitmen dan  keinginan bertahan berobat di pelayanan rawat jalan RSI Gondanglegi.  Penelitian menggunakan desain kuantitatif cross sectional dengan membagikan kuesioner selama dua  minggu pada bulan Januari dan Februari 2016.  Pengambilan sampel melalui metode consecutive sampling dengan jumlah 255 pasien.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien yang berkunjung di pelayanan rawat jalan RSI Gondanglegi memiliki loyalitas yang tinggi, dan memiliki komitmen untuk tetap bertahan berobat saat mereka berpindah kepesertaan menjadi peserta BPJS.

 

Kata Kunci : loyalitas, komitmen, keinginan bertahan berobat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hayes BE. Lessons in Loyalty. Quality Progress. 2011;44(3):24-31.

Sembiring MG. Pengaruh Harapan, Reputasi Universitas, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Program Sarjana Non-Kependidikan Unversitas Terbuka (2012). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta; 2013.

Lariviere B, Keiningham TL, and Cooil B. A Longitudinal Examination of Customer Commitment and Loyalty. Journal of Service Management. 2014;25(1):75-100.

Bolton RN, Kannan PK, and Bramlett MD. Implications of Loyalty Program Membership and Service Experiences for Customer Retention and Value. Journal of The Academy of Marketing Science. 2000;28(1):95-108.

Wetzel M, Ruyter K, and Birgelen M. Marketing Service Relationship: The Role of Commitment. Journal of Business and Industrial Marketing. 1998;13(4/5):406-423.

Yesenia dan Siregar EH. Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken di Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen dan Organisasi. 2014;5(3):183-199.

Setiawan MB. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada PD. BPR Bank Pasar Kendal). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 2007;14(2):215-227.

Gundlach GT, Achrol RS, Mentzer JT. The Structure of Commitment in Exchange. The Journal of Marketing. 1995;59(1):78-92.

Bansal P and Taylor S. A Three Component Model of Customer Commitment to Service Providers. Journal of The Academy of Marketing Science. 2004;32(3):234-350.

Morgan RM and Hunt SD. The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. The Journal of Marketing. 1994;58(6):20-38.

Chiloane E. The Influence of Corporate Culture on Organisational Change of First National Bank of Namibia. The Bussiness and Management Review. 2013;3(2):34-42.

Sidharta N dan Margaretha M. Dampak Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention: Studi Empiris pada Karyawan Bagian Operator di Salah Satu Perusahaan Garment di Cimahi. Jurnal Manajemen. 2015;10(2):129-142.

Pressey AD and Mathews BP. Barriers to Relationship Marketing in Consumer Retailing. Journal of Services Marketing. 2000;14(3):272-285.

Chang HT, Chi NW, and Miao MC. Testing The Relationship between Three Component Organizational/Occupational Commitment and Organizational/Occupational Turnover Intention Using A Non Recursive Model. Journal of Vocational Behavior. 2007;70(2):352-368.

Herscovitch L and Meyer JP. Commitment to Organizational Change: Extension of A Three Component Model. Journal of Applied Psychology. 2002;87(3):474-487.

Setiawan MB dan Ukudi. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada PD. BPR Bank Pasar Kendal). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 2007;14(9):215-227.

Zeithaml VA, Berry LL, and Parasuraman A. The Behavioral Consequences of Service Quality. The Journal of Marketing. 1996;60(4):31-46.

Fullerton G. The Service Quality Loyalty Relationship in Retail Services: Does Commitment Matter? Journal of Retailing and Consumer Services. 2005;12(2):99-111.

Rostanti E. Anteseden Loyalitas Konsumen pada Pelanggan Matahari Department Store Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. 2012;1(4):1-7.

Lovelock C. Service Marketing People, Technology, Strategy. 4 ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall; 2003.

Mardalis A. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis BENEFIT. 2005;9(2):111-119.

Brown TJ, Barry TE, and Dacin PA. Spreading The Word: Investigating Antecedents of Consumers’ Positive Word-of-Mouth Intentions and Behaviors in A Retailing Context. Journal of the Academy of Marketing Science. 2005;33(2):123-138.

Fullerton G. When does Commitment Lead to Loyalty? Journal of Service Research. 2003;5(4):333-344.

Palmatier RW, Dant RP, and Grewal D. Factors Influencing The Effectiveness of Relationship Marketing: A Meta-Analysis. Journal of Marketing. 2006;70(4):136-153.

Widarjono A. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN; 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.