Penurunan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Baptis Batu

Authors

  • Megawati - Megawati Brawijaya University
  • Lukman Hakim Brawijaya University
  • Dolly Irbantoro Rumah Sakit Baptis Batu

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2015.028.02.9

Abstract

Lama waktu tunggu pelayanan obat rawat jalan di Instalasi Farmasi RS Baptis Batu sudah lama dikeluhkan oleh pelanggan. Ketidakpuasan karena waktu tunggu yang lama mempengaruhi persepsi tentang kualitas layanan rumah sakit secara keseluruhan dan menurunkan angka kunjungan ke rumah sakit. Penelitian ini mengukur waktu tunggu dan intervensi perbaikan SPO disertai survei kepuasan pelanggan yang berhubungan dengan waktu tunggu pelayanan obat rawat jalan. Metode penelitian menggunakan pre dan post tes dengan pendekatan studi eksperimental pada 119 sampel pengunjung pelayanan obat rawat jalan selama kurun waktu 2 bulan. Pengambilan data dilakukan dengan mengukur  waktu tunggu 2 kali  sebelum dan sesudah  intervensi disertai  kepuasan mengenai lamanya waktu tunggu obat dengan menggunakan skala Likert. Analisis waktu tunggu dan kepuasan pelanggan mengenai waktu tunggu sebelum dan sesudah intervensi  dilakukan dengan T test berpasangan  dan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan  waktu tunggu pelayanan obat jadi dari rerata 56,42±27,22 menjadi 23,11±8,47 menit (p<0,05) dan obat racikan dari rerata waktu tunggu 83,21±26,93 menjadi 48,24 ±9,99 menit (p<0,05). Adanya perbaikan waktu tunggu berdasar  jumlah obat jadi  dalam 1 resep yaitu untuk 1-2 macam dari 18 menit   menjadi 14 menit, 3-5 macam dari rerata 50,85±21,06 menjadi 18,88±7,07  menit dan ≥6macam  dari rerata 62,95±31,02 menjadi27,58±7,50 menit. Kepuasan pasien terhadap waktu tunggu antara sebelum dan sesudah intervensi meningkat bermakna (p<0,05). Penyempurnaan SPO, pengaturan petugas disertai sosialisasi menurunkan waktu tunggu pelayanan obat farmasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap waktu tunggu obat secara bermakna.Kata Kunci: Instalasi farmasi, kepuasan pasien, pelayanan obat rawat jalan, waktu tunggu

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dolly Irbantoro, Rumah Sakit Baptis Batu

Rumah Sakit Baptis Batu

References

Siregar CJP dan Amalia L. Farmasi Rumah Sakit, Teori dan Penerapan. Jakarta: Penerbit EGC; 2004.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Kemenkes: 1197/MENKES/SK/2004 tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2004.

Choon OH, Leng CW, Ai WJ, and Chai TM. Evaluation of Manpower Scheduling Strategies at Outpatient Pharmacy with Discrete-Event Simulation. OR Insight. 2013; 26(1): 71-84.

Reynolds M, Vasilakis C, McLeod M, et al. Using Discrete Event Simulation to Design a More Efficient Hospital Pharmacy for Outpatients. Health Care Management Science. 2011; 14(3): 223-236.

Tam VHY and Lim MM. Patients' Perceptions and Expectations of Outpatient Pharmacy Services in a Teaching Hospital. International Journal of Pharmacy Practice. 1997; 5(3): 128–132.

Tan WS, Chua SL, Yong KW, and Wu TS. Impact of Pharmacy Automation on Patient Waiting Time: An Application of Computer Simulation. Annals Academy of Medicine Singapore. 2009; 38(6): 501-507.

Slowiak JM, Huitema BE, and Dickinson AM. Reducing Wait Time in a Hospital Pharmacy to Promote Customer Service. Quality Management in Health Care. 2008; 17(2): 112-127.

Afolabi MO and Erhun WO. Patients' Response to Waiting Time in an Out-Patient Pharmacy in Nigeria. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 2005; 2(2): 207-214.

Rumah Sakit Baptis Batu. Laporan Kegiatan RS Baptis Batu Semester I. Batu: RS BATU; 2014.

Parayitam S, Desai K, Desai MS, and Eason MK. Teaching the Ishikawa's "Fishbone" as a Planing Tool: Responsibility and Action Planning Matrices Applied to Airport Security and Network Security. Academy of Educational Leadership Journal. 2009; 13(1): 19-35.

Eriksson H, Bergbrant I, Berrum I, and Mörck B. Reducing Queues: Demand and Capacity Variations. International Journal of Health Care Quality Assurance. 2011; 24(8): 592-600.

Chou YC, Chen BY, Tang YY, et al. Prescription-Filling Process Reengineering of an Outpatient Pharmacy. Journal of Medical Systems. 2012; 36(2): 893-902.

Jenkins A and Eckel SF. Analyzing Methods for Improved Management of Workflow in an Outpatient Pharmacy Setting. American Journal of Health-System Pharmacy. 2012; 69(11): 966-971.

Spry CW and Lawley MA. Evaluating Hospital Pharmacy Staffing and Work Scheduling Using Simulation. Proceedings of the 37th conference on Winter simulation; 2005: hal. 2256-2263

Downloads

Published

2015-10-21

Issue

Section

Supplement

Most read articles by the same author(s)