Pengalaman Pasien Rawat Inap terhadap Penerapan Patient Centered Care di RS UMM

Authors

  • Riskiyah Riskiyah FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Tita Hariyanti Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang
  • Siti Juhariah Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2017.029.04.13

Keywords:

Pengalaman pasien, patient centered care, rawat inap

Abstract

Patient centered care disebut juga pelayanan yang berpusat pada seseorang, berpusat pada klien, pasien dan keluarga. Berdasarkan survei kepuasan pasien dirawat inap RS UMM bulan Juli dan Agustus 2015 didapatkan data bahwa masih terdapat pasien komplain tentang  sikap dan komunikasi petugas kepada pasien/keluarga yang kurang baik. Ini menandakan bahwa sikap dan komunikasi yang dilakukan oleh petugas kepada pasien maupun keluarganya kurang bagus. Artinya penerapan patient centered care belum dijalankan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam pengalaman pasien selama menjalani rawat inap terhadap penerapan patient centered care yang dilakukan oleh  RS UMM.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif fenomenologi. Wawancara dilakukan secara mendalam kepada 8 informan yang dianggap mewakili pasien kelas 3, 2, 1 dan kelas utama. Hasil penelitian didapatkan pengalaman yang menyenangkan tentang penerapan PCC yaitu pasien senang mendapatkan pelayanan yang ramah dan  sopan  dari petugas, pasien merasa dipedulikan oleh perawat selama dirawat, petugas berupaya berkomunikasi dengan baik, petugas memberikan pelayanan yang sama, petugas mengecek nama pasien ketika akan memberikan obat, makanan yang disediakan disesuaikan  dengan kebutuhan dan gizi pasien. Kesimpulannya, sebagian besar pengalaman pasien rawat inap didapatkan bahwa RS UMM telah menerapkan PCC dengan cukup baik sehingga pasien merasa dikedepankan dalam proses perawatan maupun untuk memenuhi kebutuhannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rusmawati A. Upaya Meningkatkan Kemampuan Perawat dalam Menerapkan Patient Centered Care (PCC) di Rumah Sakit (Studi di RSUD Dr. Harjono Ponorogo dan RSUD Dr. Iskak Tulungagung). [Thesis]. Universitas Diponegoro, Semarang. 2016

Bleich MR. Patient-Centered Leadership. The Journal of Continuing Education in Nursing. 2015; 46(7): 297-298.

Barry MJ dan Levitan SE. Shared Decision Making-The Pinnacle of Patient-Centered Care. The New England Journal of Medicine. 2012; 366(9): 780-781.

Mills I, Frost J, Moles DR, dan Kay E. Patient-Centred Care in General Dental Practice: Sound Sense or Soundbite? British Dental Journal. 2013; 215(2): 81-85.

Ghebrehiwet T. Nurses and Person-Centred Care. The International Journal of Person Centered Medicine. 2011; 1(1): 20-22.

Sirapracha J dan Tocquer G. 'Customer Experience, Brand Image and Customer Loyalty in Telecommunication Services'. International Conference on Economics, Business and Marketing Management. 2012; 29(3): 112-117.

Wijaithammarit S dan Taechamaneestit T. The Impact of Customer Experience Management on Customer Loyalty of Supercenter's Shopper in Thailand. International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning. 2012; 2(6): 473-477.

Jardien-Baboo S, Rooyen D, Ricks E, dan Jordan P. Perceptions of Patient-Centred Care at Public Hospitals in Nelson Mandela Bay. Health SA Gesondheid. 2016; 21(1): 397-405.

Azkha N dan Elnovriza D. Analisis Tingkat Kepuasan Klien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas dalam Wilayah Kota Padang Tahun 2006. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas. 2007; 1(2): 65-72.

Rusdiana. Studi tentang Pelayanan Perawat terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Mawar Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. e Journal Konsentrasi Sosiologi. 2014; 2(4): 13-25.

Poochikian-Sarkissian S, Sidani S, Ferguson-Pare M, Doran D. Examining the Relationship Between Patient-Centred Care and Outcomes. Canadian Journal of Neuroscience Nursing. 2010; 32(4): 14-21.

Marti E, Andarini S, dan Lestari R. Studi Fenomenologi Penerapan Prinsip Patient Centered Care pada Saat Proses Resusitasi di IGD Rsud Saiful Anwar Malang. The Indonesian Journal of Health Science. 2015; 6(1): 73-89.

Salawati L. Tingkat kepuasan Pasien Jamkesmas di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah DR. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 2012; 12(2): 75-80.

Afidah EN dan Sulisno M. Gambaran Pelaksanaan Peran Advokat Perawat di Rumah Sakit Negeri di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Keperawatan. 2013; 1(2): 124-130.

Padma P, Rajendran C, dan Sai L. A Conceptual Framework of Service Quality in Health Care: Perspectives of Indian Patients and Their Attendants. Benchmarking: An International Journal. 2009; 16(2): 157-191.

Hidayati AN, Suryawati C, dan Sriatmi A. Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (SEC) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 2014; 2(1): 9-14.

Fatimah FS dan Rosa EM. Efektivitas Pelatihan Patient Safety, Komunikasi S-BAR pada perawat dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi di Rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Journal NERS & Midwifery Indonesia. 2014; 2(1): 32-41.

Harianto JW, Nursalam, dan Dewi YS. Keselamatan Pasien Berbasis Knowledge Management Seci sebagai Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners. 2015; 10(2): 324-331.

Puruhita N, Hagnyonowati, Adianto S, Murbawani EA, dan Ardiaria M. Gambaran Sisa Makanan dan Mutu Makanan yang Disediakan Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang. Journal of Nutrition an Health. 2014; 2(3): 1-14

Semedi P, Kartasurya MI, dan Hagnyonowati. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan Rumah Sakit dan Asupan Makanan dengan Perubahan Status Gizi Pasien (Studi di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak). Jurnal Gizi Indonesia. 2013; 2(1): 34-38.

Ratnamiasih I, Govindaraju R, Prihartono B, dan Sudirman I. Analisis Kualitas Layanan pada Bagian Rawat Inap Rumah Sakit di Bandung. Trikonomika. 2013; 12(2): 134-144.

Kaharuddin A. Perbandingan Kualitas Patient Engagement pada Empat Pelayanan Spesialis Dasar di RSUD Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Al Hikmah. 2014; 15(1): 43-53.

Atinga R, Bawolea JN, dan Nang-Beifubah, A. Some Patients are More Equal than Others: Patient-Centred Care Differential in Two-Tier Inpatient Ward Hospitals in Ghana. Patient Education and Counseling. 2016; 99(3): 370–377.

David, Hariyanti T, dan Widayanti E. Hubungan Keterlambatan Kedatangan Dokter terhadap Kepuasaan Pasien di Instalasi Rawat Jalan. Jurnal kedokteran Brawijaya. 2014; 28(1): 31-35.

Mukti WY, Hamzah A, dan Nyorong M. Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. 2013; 2(3): 35-41.

Sureshchandar GS, Chandrasekharan R, dan Anantharanan R. Determinants of Customer, Perceived Service Quality: A Confirmatory Factor Analysis Approach. Journal of Services Marketing. 2002; 16(1): 9-34.

Suryani W. Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan. Jurnal Implementasi Ekonomi dan Bisnis. 2015; 4(1): 819-838.

Downloads

Published

2017-08-31

Issue

Section

Research Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>