Kombinasi Diskusi Kelompok Kecil dan Pemodelan sebagai Metode Alternatif untuk Menurunkan Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2018.030.02.13Keywords:
Diskusi kelompok kecil, kecemasan, pemodelan, persalinan, primigravidaAbstract
Kehamilan pertama bagi seorang ibu merupakan periode krisis dalam kehidupannya. Kecemasan dapat muncul karena masa panjang menanti kelahiran dan ketidakpercayaan diri Ibu merawat bayinya. Oleh karena itu, primigravida membutuhkan informasi yang memadai tentang persiapan persalinan. Kombinasi diskusi kelompok kecil dan pemodelan merupakan metode pembelajaran yang bermanfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu, salah satunya dengan menurunkan kecemasan dalam menghadapi persalinan. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh penerapan kombinasi metode diskusi kelompok kecil dan pemodelan terhadap kecemasan primigravida dalam menghadapi persalinan. Desain penelitian adalah true eksperimen dengan rancangan randomized subject, pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di Puskesmas Poka Rumah Tiga Kota Ambon. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 responden yang dibagi 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kontrol. Pengukuran kecemasan primigravida menghadapi persalinan menggunakan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Data dianalisis dengan uji paired t-test dan independent t-test dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan primigravida menghadapi persalinan sebelum dan setelah penerapan kombinasi metode diskusi kelompok kecil dan pemodelan serta antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi metode diskusi kelompok kecil dan pemodelan dapat menurunkan kecemasan primigravida dalam menghadapi persalinan.
Downloads
References
Deklava L, Lubina K, Circenis K, Sudraba V, and Millere I. Causes of Anxiety during Pregnancy. Procedia-Social and Behavioral Sciences. 2015; 205(2015): 623-626.
Madhavanprabhakarana GK, D'Souza MS, and Nairy KS. Prevalence of Pregnancy Anxiety and Associated Factors. International Journal of Africa Nursing Sciences. 2015; 3(2015): 1-7.
Rico MAG, Rodrigus AJM, Diez SMU, and Real MCM. Analysis of the Relationship between Maternal Anxiety and Pregnancy. Progresos de Obstetricia y Ginecologia. 2010; 53(7): 273-279.
Mandagi DVV, Pali C, and Sinolungan JSV. Perbedaan Tingkat Kecemasan pada Primigravida dan Multigravida di RSIA Kasih Ibu Manado. Jurnal e-Biomedik eBm. 2013; 1(1): 197-201.
Shodiqoh ER dan Syahrul F. Perbedaan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Persalinan antara Primigravida dan Multigravida. Jurnal Berkala Epidemologi. 2014; 2(1): 141-150.
Marniyati L, Saleh I, and Soebyakto BB. Pelayanan Antenatal Berkualitas dalam Meningkatkan Deteksi Risiko Tinggi pada Ibu Hamil oleh Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sako, Sosial, Sei Baung, dan Sei Selincah di Kota Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 2016; 3(1): 355-362.
Devilata T and Swarna S. Effectiveness of Pre Delivery Preparation on Anxiety among Primigravida Mothers at Maternal Child Health Centre Tirupati, AP, India. IOSR Journal of Nursing and Health Science. 2015; 4(6): 19-24.
United Nations Children's Fund. Knowledge Exchange Toolbox: Group Methods for Sharing, Discovery and Co-creation. USA: Unicef Knowledge Exchange; 2015.
Nuardi, Syafii MS, and Anuar IH. The Effect of Using Buzz Group Technique on Students Ability in Writing Analytical Exposition Paragraph. Indonesian Journal of Intergarated of English Language Teaching. 2016; 2(2): 209-220.
Saleh A. Pendekatan Modelling Keperawatan Anak terhadap Pengetahuan, Kemampuan Praktik dan Percaya Diri Ibu dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 Bulan. Jurnal Ners. 2011; 6(2): 175-186.
Ikromah JN, Asmaningrum N, and Sulistiyorini L. Perbedaan Metode Buzz Group Discussion dengan Ceramah Audiovisual terhadap Tingkat Pendidikan Warga Binaan tentang HIV/AIDS di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Kabupaten Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan. 2015; 3(1): 82-88.
Majid A. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014.
Sastroasmoro S. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Edisi Keempat. Jakarta: Sagung Seto; 2011.
Hasnah H, Amiruddin R, Sirajuddin S, and Mappaware NA. Effectiveness of Comprehensive Midwifery Care on Anxiety Level of Pregnant Mother in Facing Labor Period. Internasional Journal of Sciences Basic and Applied Research. 2017; 35(2): 22-30.
Azadi ES, Jalali A, Bakhteh A, Rezaei M, and Ashtareian H. The Effect of Group Discussion on Anxiety of Primigravidas. Research Journal of Medical Sciences. 2016; 10(5): 498-502.
Swaroopa HN and Deepthi G. Effect of Antenatal Education in Improving Maternal Confidence and Reducing Anxiety about Labor in Primigravida Women Attending Saveetha Medical College and Hospital, Chennai, Tamil Nadu, India. Internasional Journal of Pharma and Bio Sciences. 2017; 8(1): 261-265.
Kim S, Kim HS, and Cheong HY. Effects of a Coaching-based Childbirth Program on Anxiety and Childbirth Self-efficacy among Primigravida Women. Korean Journal of Women Health Nursing. 2011; 17(4): 369-377.
Hassan HE, Said SAE, and Hassanine ST. Disparities of Prevalence and Causes of Maternal Antenatal Anxiety among Primigravida Pregnant Women in Egypt. American Research Journal of Nursing. 2017; 3(1): 1-15.
Entsieh AA and Hallström IK. First-time Parents' Prenatal Needs for Early Parenthood Preparation-A Systematic Review and Meta-Synthesis of Qualitative Literature. Midwifery. 2016; 39(2016): 1-11.
Amelia CR. Pendidikan Sebaya Meningkatkan Pengetahuan Sindrom Pramenstruasi pada Remaja. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014; 28(2): 152-154.
Shahhosseini Z, Pourasghar M, Khalilian A, Salehi F. A Review of the Effects of Anxiety During Pregnancy on Children's Health. Materia Socio Medica. 2015; 27(3): 200-202.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).