Pengukuran Kinerja Unit Pemasaran RSI Unisma Malang Menggunakan Balanced Scorecard
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.13Abstract
Berdasarkan analisis akar masalah didapatkan bahwa rendahnya pilihan pasien terhadap RSI Unisma Malang salah satunya disebabkan karena kinerja unit pemasaran dinilai kurang efektif. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran kinerja unit pemasaran di RSI Unisma Malang. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja unit yaitu dengan balanced scorecard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui skor atau penilaian kinerja unit pemasaran menggunakan balanced scorecard. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja unit pemasaran RSI Unisma Malang adalah cukup. Hasil pengukuran pada perspektif keuangan mencapai skor 1 yang artinya kinerja unit pemasaran pada perspektif keuangan telah mencapai prestasi diatas standar. Standar yang dimaksudkan adalah capaian yang diharapkan pada masing-masing indikator yang ditetapkan. Pada perspektif pelanggan mendapatkan skor -1 yang artinya kinerja unit pemasaran berdasarkan perspektif pelanggan belum sesuai standar. Pada perspektif proses bisnis internal, tahap inovasi sudah memenuhi target pencapaian bahkan melebihi target sehinga mendapatkan skor 1. Pada tahap operasi sebagian besar mendapat skor 0, namun terdapat satu indikator yang hanya mendapat skor -1. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja unit pemasaran pada perspektif ini sebagian belum sesuai standar. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mendapatkan nilai puas pada indikator kepuasan karyawan sehingga mendapat skor 1, sedangkan pada retensi karyawan mendapatkan mendapat skor 0 yang berarti sesuai dengan standar, dan untuk pelatihan karyawan mendapatkan skor -1 yang berarti dibawah standar.
Kata Kunci: Balanced scorecard, pengukuran kinerja, unit pemasaran
Â
Downloads
References
Lailiyah S. Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Ngudi Waluyo Wlingi). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 2014; 2(1).
Kaplan RS and Norton DP. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga; 1996.
Bititci US, Carrie AS, and Turner T. Integrated Performance Measurement Systems: A Reference Model. In: Schonsleben P and Buchel A (Eds). Organizing the Extended Enterprise. Switzerland: Springer Science; 1998.
Ghalayani AM and Noble JS. The changing of performance Measurement. International Journal of Operations & Production Management. 1996; 16(8): 63-80.
Rangkuti F. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: Gramedia; 2013.
Susilo J. Kinerja Layanan Universitas Islam Indonesia Diukur dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. 2007;30(64):157-174.
Handayani BD. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen. Jurnal Dinamika Manajemen. 2011; 2(1): 78-91.
Hermawan S. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Implementasi Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. 2008; 11(2): 1-18.
Arimbawa IMW dan Putri IGAMAD. Analisis Penilaian Kinerja Keuangan dan Non Keuangan PT. BPR Dharmawarga Utama. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 2014; 8(1): 260-73.
Aprilliani WA, Kartinah N, dan Hardiati RSW. Analisis Kinerja Instalasi Farmasi di BLUD Rumah Sakit Kota Banjarbaru dengan Metode Balanced Scorecard Berdasarkan Perspektif Keuangan dan Perspektif Pelayanan Periode 2012-2014. Jurnal Pharmascience. 2015; 2(2): 88-102.
Supriadi IBPE, Herawati NT, dan Adiputra IMP. Analisis Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Organizational Citizenship Behaviour dan Good Governance Terhadap Kinerja Organisasi Berdasarkan Perspektif Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Buleleng). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1. 2014; 2(1): 1-12.
Dhipiya FY, Tanuwijaya H, dan Sutomo E. Audit Sistem Informasi Instlasai Rawat Inap Berdasarkan Prespektif Pelanggan Balanced Scorecard Menggunakan Standar COBIT 4.1 (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Haji Surabaya). Jurnal Sistem informasi dan Komputer Akuntansi. 2012; 1(1): 1-8.
Sipayung F. Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Perusahaan dan Sistem Manajemen Strategis. Jurnal Manajemen Bisnis. 2009;2(1):7-14.
Utama NA, Hariadi S, dan Bambang A. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. 2013; 1(2): 1-26.
Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta; 2002.
Mulyadi. Balanced Scorecard: Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat; 2001.
Ayu FD, Satibi, dan Fudholi A. Analisis Kinerja Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Purwokertoditinjau dari Perspektif Customer Balanced Scorecard. Jurnal Ilmiah Farmasi. 2015; 10(1): 28-32.
Norreklit H. The Balance on the Balanced Scorecard a Critical Analysis of some of its Assumptions. Journal Management accounting research. 2000; 11(1): 65-88.
Rumintjap ML. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja di RSUD Noongan. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi. 2013; 1(3): 841-850.
Utama A. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. Jurnal Optimasi Sistem Industri. 2003; 1(2): 96-110.
Ciptani MK. Balanced Scorecard sebagai Pengukuran Kinerja Masa Depan. Jurnal akuntansi dan Keuangan. 2004; 2(1): 21-35.
Fathoni dan Kesuma I. Analisis Penilaian Kinerja Rumah Sakit dengan Penerapan Balanced Scorecard (Studi Kasus Rumah “ABCâ€). Jurnal Sistem Informasi. 2010; 2(3): 48-57.
Prihananto AD. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja pada Badan Usaha Berbentuk Rumah Sakit (Studi Kasus pada Rumah Sakit Kristen Tayu Pati). [Skripsi]. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. 2006.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).