User
Information for Reviewer
Index

JKB telah terindex di Crossref JKB telah terindex di Google Scholar JKB telah terindex di SINTA Ristekdikti JKB telah terindex di Portal Garuda

Notifications
Journal Content

Browse
Visitor Counter

 

Pengaruh Iklan Rokok terhadap Kebiasaan Merokok Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang

Yuyun Yueniwati, M. Yunus, Ahmad Djatmiko
  Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol 18, No 3 (2002),  pp.121-124  

Abstract


Hasil survey yang dilakukan oleh Badan Pusat statistik menunjukkan tingginya angaka perokok aktif di Indonesia, dari angka tersebut ternayata didapatkan bahwa lebih dari 50% perokok aktif tersebu mengawali merokok pada usia relatif muda. Data menunjukkan pula bahwa remaja yang merokok kebanyakan adalah remaja penggemar olah raga (melakukan olahraga dan atau penonton acara olahraga). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklan rokok pada olahraga dengan kebiasaan merokok mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang. Metode penelitian secara Cross Sectional Study dilakukan pada seluruh mahasiswa baru Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang tahun 2001, data yang didapat dianalisa secara deskriptif dan analisa dengan koefisien kontingensi C. Hasil penelitian menunjukkan bahawa28,6% dari seluruh mahasiswa tersebut adalah perokok aktif dan lebih 50%dari jumlah tersebut merokok sama dengan atau lebih dari 1 pak perhari. Usia mengawali merokok rata-rata 17 tahun. Olahraga yang paling diminati untuk dilakukan dan atay ditotnton adalah Formula 1 dan sepak bola. Analisa dengan koefisiensi kontingensi C menunjukkan adanya hubungan anatara iklan pada olahraga sepakbola dan formula 1 tersebut dengan kebiasaan merokok. Bila dibandingkan antara iklan rokok yang dikenakan pemain (kostum, tulisan pada mobil), iklan rokok pada arena pertandingan dan iklan rokok disela acara tayangan olahraga tersebut di televisi maka pengaruh yang paling kuat adalah iklan rokok yang dikenakan pemain (PF=0,89) didikuti iklan disela acara tayangan olahraga (PF=0,81) dan iklan pada arena pertandingan (PF=0,38). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh iklan rokok pada olahraga dengan kebiasaan merokok dikalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang.


Keywords


iklan rokok pada acara olah raga; kebiasaan merokok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.