Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit

Authors

  • Gunawan Gunawan
  • Harijanto Harijanto
  • Tatong Harijanto

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2015.028.02.16

Abstract

Data laporan IKP yang akurat sangat bermanfaat untuk pemetaan risiko keselamatan pasien dan dasar perbaikan sistem pelayanan yang berorientasi pada keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa rendahnya laporan IKP dan  faktor  yang berpengaruh pada sistem pelaporan IKP di salah satu Rumah Sakit (RS) Malang. Metode yang digunakan adalah diskripsi analitik. Penggalian data dilakukan dengan telusur data laporan IKP, observasi lapangan, wawancara terstruktur dan survei dengan menggunakan kuesioner. Responden pada penelitian ini adalah 20 petugas kesehatan dan keluarga pasien sebanyak 6 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat distribusi frekuensi menggunakan microsoft excel. Hasil menunjukkan angka IKP lebih tinggi dari angka laporan IKP. Faktor penyebabnya adalah rendahnya laporan IKP yang disebabkan oleh rasa takut pada kepala unit kerja.Kesimpulan dari penelitian ini adalah data laporan IKP belum menggambarkan kondisi sebenarnya dari kejadian insiden keselamatan pasienyang terjadi di RS X. Faktor penyebab utama kondisi tersebut adalah kurangnya pemahaman tentang konsep pelaporan IKP. Kata Kunci: Budaya keselamatan pasien, insiden keselamatan pasien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2006.

Forster AJ, Dervin G, Martin, Cjr., and Papp S. Improving Patient Safety through the Systematic Evaluation of Patient Outcomes. Canadian Journal of Surgery. 2012; 55: 418-425.

Mulyana DS. Analisis Penyebab Insiden Keselamatan Pasien oleh Perawat di Unit Rawat Inap Rumah Sakit X Jakarta. [Tesis]. Universitas Indonesia, Jakarta. 2013.

Rumah Sakit X. Laporan Tahunan Rumah Sakit X Malang tahun 2012. Malang: Rumah Sakit X; 2012.

Rumah Sakit X. Laporan Tahunan Rumah Sakit X Malang tahun 2013. Malang: Rumah Sakit X; 2013.

Hwang JI, Lee SI, and Park HA. Barriers to the Operation of Patient Safety Incident Reporting System in Korean General Hospital. Healthcare Informatics Research. 2012; 18(4): 279-286.

Koohestani HR and Baghcheghi N. Barrier to the Reporting of Medication Administration Errors among Nursing Students. Australian Journal of Advanced Nursing. 2009; 27(1): 66-74.

The Health Foundation. Evidence Scan: Does Improving Safety Culture Affect Patient Outcomes? (Online) 2011. http://www.health.org.uk/sites/default/files/DoesImprovingSafetyCultureAffectPatientOutcomes.pdf.

Kingston MJ, Evans SM, Smith BJ, and Berry JG. Attitudes of Doctors and Nurses towards Incident Reporting: A Qualitative Analysis. MJA. 2004; 181(1): 36-39.

Sanghera IS, Franklin BD, and Dhillon S. The Attitudes and Beliefs of Healthcare Professionals on the Causes and Reporting of Medication Errors in a UK Intensive Care Unit. Anaesthesia. 2007; 62(1): 53-61.

Uribe CL and Sharon BS. Perceived Barrier to Medical Error Reporting: An Exploratory Investigation. Journal of Public Health Management and Practice 2002; 47(4): 263-279.

Karadeniz G and Cakmakci A. Nurses' Perceptions of Medication Errors. International Journal of Clinical Pharmachology Research. 2002; 22(3-4): 111-116.

Arfan AN, Pasinringi SA, dan Sidin AI. Gambaran Determinan Insiden Keselamatan Pasien pada Petugas Kesehatan di Rumah Sakit Universitas Hasanudin. [Tesis]. Universitas Hasanuddin, Makasar. 2013.

Ajzen I. Attitudes, Personality and Behaviour. 2nd edition. London: McGraw-Hill Education; 2005.

Chiang HY and Pepper GA. Barriers to Nurses' Reporting of Medication Administration Errors in Taiwan. Journal of Nursing Scholarship. 2006; 38(4): 392-399.

Ginsburg L, Tregunno D, Fleming M, Gilin D, and Norton P. (Online) 2008. Patient Safety Culture: Improving Measurement and Establishing Links to Patient Safety Activity. http://www.patientsafetyinstitute. ca/en/search/pages/results.aspx?k=Ginsburg,%20L.,%20Tregunno,%20D.,%20Fleming,%20M.,%20Gilin,%20D.%20&%20Norton

World Health Organization. Word Alliance for Patient Safety : WHO Draf Guidelines for Adverse Events Reporting and Learning System. Genewa: WHO; 2005.

Sorra JS and Dyer N. Multilevel Paycometric Properties of the AHRQ Hospital Survey on Patient Safety Culture. BioMed Central Health Services Research. 2010; 10(199): 1-13.

Downloads

Published

2015-10-21

Issue

Section

Supplement