Evaluasi Pelaksanaan Sistem Identifikasi Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit

Authors

  • Dewi Anggraini
  • Lukman Hakim MMRS FKUB
  • Cecilia Widjiati Imam RS Panti Nirmala

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2014.028.01.32

Abstract

Keamanan pelayanan di rumah sakit dimulai dari ketepatan identifikasi pasien. Rumah sakit harus membangun sistem yang menjamin bahwa pelayanan yang tepat diberikan kepada pasien yang tepat. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab belum optimalnya pelaksanaan sistem identifikasi pasien serta mencari alternatif solusi untuk mengoptimalkan pelaksanaan sistem identifikasi pasien di Ruang Rawat Inap RS.X Malang. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan focus group discussion (FGD), wawancara, pengamatan serta studi dokumen. Identifikasi prioritas alternatif solusi menggunakan brainstorming dengan mempertimbangkan urgency, severity/seriousness, growth (USG). Secara struktur sistem identifikasi pasien cukup lengkap.  Pengetahuan perawat tentang sistem identifikasi pasien cukup baik. Sikap perawat dan petugas lain terhadap pelaksanaan prosedur identifikasi pasien adalah positif namun tidak selalu melakukan prosedur verifikasi sesuai ketentuan terutama untuk tindakan yang menurut perawat tidak berisiko terutama pada saat shift sore dan malam.  Keterbukaan untuk melaporkan insiden pada petugas masih belum optimal. Kendala dan hambatan terutama dirasakan masih sulit merubah kebiasaan untuk selalu melakukan verifikasi, terkadang pasien mengeluh jika terlalu sering ditanya identitasnya, tidak dirasakan adanya kendala ketersediaan gelang identitas, kadang-kadang terjadi salah cetak nama pada stiker identitas. Penyebab utama belum optimalnya pelaksanaan sistem identifikasi pasien berhubungan dengan sistem supervisi terhadap pelaksanaan prosedur identifikasi yang belum optimal serta budaya safety yang masih perlu terus ditingkatkan.

Kata Kunci: Budaya keselamatan pasien, keselamatan pasien, sistem identifikasi pasien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita W. Kesiapan Rumah Sakit Dalam Menghadapi Globalisasi. Jakarta: Universitas Indonesia; 2008.

World Health Organization. Patient Identification. Patient Safety Solutions. 2007; 1(2).

Setyowati D. Hubungan Kepemimpinan Head Ners dengan Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat Pelaksanan di RSUPN Dr. Cipto Mangun Kusumo Jakarta. [Tesis]. Universitas Indonesia, Jakarta. 2010.

Australian Commission on Safety and Quality in Health Care. Standard 5 Patient Identification and Procedure Matching. (Online) 2012. http://www.safetyandquality.gov.au/publications/safety-and-quality-improvement-guide-standard-5-patient-identification-and-procedure-matching-october-2012/

Al-Qahtani AS and Missahel FM. Nurse's Role In Implementing Principles of Quality and Patient Safety. Riyadh: Executive Board Of the Health Ministers' Council For Cooperation Council States; 2003.

Prahasto ID. Medical Error di Rumah Sakit dan Upaya untuk Meminimalkan Risiko. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2004; 7(1): 13-17.

Budhiharjdo A. Pentingnya Safety Culture di Rumah Sakit Upaya Meminimalkan Adverse Events. Jurnal Manajemen Bisnis. 2008; 1(1): 53-70.

Wirawan EA, Novitasari D, dan Wijayanti F. Hubungan antara Supervisi Kepala Ruang dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa. Jurnal Manajemen Keperawatan. 2013; 1(1).

Nindyanto SIA, Sukesi N, dan Purnomo MAB. Pengaruh Supervisi Kepala Ruang terhadap Dokumentasi Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSDU Ungaran. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2013; 1(4).

Rumampuk MVH, Budu, dan Nontji W. Peran Kepala Ruangan Melakukan Supervsi Perawat dengan Penerapan Patient Safety di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Gunung Maria Tomohon. [Tesis]. Universitas Hasanuddin, Makasar. 2011.

Lanoue E and Still CJ. Patient Identification: Producing a Better Barcoded Wristband. (Online) 2008. http://www.psqh.com/mayjun08/ identification.html.

Lestari AP, Maidin A, dan Anggraeni R. Gambaran Budaya Keselamatan Pasien oleh Perawat dalam Melaksanakan Pelayanan di Instalasi Rawat Inap RSUP DR. Wahidin Sudirohusodo Tahun 2013. [Repository]. Universitas Hasanudin, Makasar. 2013.

Tim Rumah Sakit RK Charitas. Menuju Pelayanan Kesehatan yang Aman Kapita Seleksa Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Palembang: IKAPI-RS RK Charitas; 2009.

Meiliawati PL. Tinjauan Penerapan Identifikasi Pasien Dengan Benar di Unit Rekam Medis Rawat Inap Terkait Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta. [Tesis]. Universitas Esa Unggul, Jakarta. 2009.

Downloads

Published

2014-08-03

Issue

Section

Supplement

Most read articles by the same author(s)