Hubungan Keterlambatan Kedatangan Dokter terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan

Authors

  • David David Magister Managemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
  • Tita Hariyanti Magister Managemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
  • Erika Widayanti Lestari Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2014.028.01.19

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tujuan utama pelayanan kesehatan. Salah satu indikator mutu pelayanan di instalasi rawat jalan rumah sakit adalah ketepatan kedatangan dokter sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh kepuasan pasien di instalasi rawat jalan terhadap keterlambatan jam kedatangan dokter sesuai dengan jadwal yang tertera. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner daftar tilik yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan tambahan pertanyaan terbuka untuk saran. Secara keseluruhan pasien yang puas hanya 14% dan cukup puas 60%. Ketidakpuasan tertinggi (>50%) didapatkan pada aspek keterlambatan dokter dan permintaan maaf dari dokter ketika terlambat. Hasil menunjukkan hubungan yang kuat antara kepuasan pasien dengan ketepatan jam kedatangan dokter di instalasi rawat jalan rumah sakit (p<0,001). Beberapa solusi untuk meningkatkan kepuasan pasien adalah dengan meningkatkan kenyamanan ruang tunggu dan melakukan penjadwalan ulang jam praktek dokter.

Kata Kunci: Kepuasan pasien, keterlambatan dokter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yunarto TS dan Dwiyanto BM. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Derah (RSUD) Tugurejo. [Tesis]. Universitas Diponegoro, Semarang. 2011.

Richard SD dan Hanafi I. Nurse Interpersonal Communication Skills Influence the Increasing of Patient Satisfaction. Jurnal Penelitian STIKES RS Baptis Kediri. 2013; 5(2): 155-166.

Kuntjoro T dan Djasri H. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit sebagai Persyaratan Badan Layanan Umum dan Sarana Peningkatan Kinerja. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2007; 10(1): 03-10.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (SPM) 2008. Jakarta; Dinas Kesehatan RI; 2008.

Khairani L, Manjas M, dan Fendy R. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan RSUD Pasaman Barat. [Tesis]. Universitas Andalas, Padang. 2011.

Andriyani L. Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit dengan Menggunakan Program Komputer. [Skripsi]. Universitas Komputer Indonesia, Bandung. 2009.

Sulistyorini C, Lestari T, dan Rohmadi. Tinjauan Faktor Penyebab Waktu Tunggu Pelayanan Pendaftaran Pasien Umum Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Jurnal Kesehatan. 2008; 2(1): 56-69.

Kapustiak J and Ling H. Evaluation of Patient Waiting Times at an Academic Ophthalmology Clinic. The Journal of Medical Practice Management. 2000; 15(5): 228-233.

Nabbuye-Sekandi J, Makumbi FE, Kasangaki A, et al. Patient Satisfaction with Services in Outpatient Clinics at Mulago Hospital, Uganda. International Journal for Quality in Health Care. 2011; 23(5): 516-523.

Tjiptono F. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi; 2000.

Cronin J Jr and Taylor SA. Measuring Service Quality: Reexamination and Extension. Journal of Marketing. 1992; 56: 55-68.

Lind A, Edward A, Bonhoure P, et al. Quality of Outpatient Hospital Care for Children Under 5 Years in Afghanistan. International Journal for Quality in Health Care. 2011; 23(2): 108-106.

Solikhah. Hubungan Kepuasan Pasien dengan Minat Pasien dalam Pemanfaatan Ulang Pelayanan Pengobatan. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2008; 11(4): 192-199.

Trarintya MAP. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Word of Mouth. [Tesis]. Universitas Udayana, Denpasar. 2011.

Arikunto S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan dan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta; 2002.

Downloads

Published

2014-08-03

Issue

Section

Supplement

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>