Analisa Faktor-faktor Penyebab Tidak Lengkapnya Laporan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2014.028.01.20Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tidak lengkapnya laporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit di rumah sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data berupa wawancara dan observasi di RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri selama bulan Oktober hingga November 2013. Analisis fishbone digunakan untuk identikasi akar masalah dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk memilih akar masalah yang paling penting dan alternatif solusi. Hasil penelitian ini menunjukkan akar masalah yang diidentifikasi pergantian Tim Mutu RS yang tidak berjalan dengan baik dan tidak lengkapnya anggota sehingga menyebabkan tidak berjalannya program peningkatan mutu berkelanjutan dan pencapaian SPM. Pembentukan kembali Tim Mutu dengan tepat, dan kelengkapan organiknya menjadi titik awal solusi implementasi manajemen mutu di rumah sakit.
Kata Kunci: Tidak lengkapnya laporan SPM, tim mutu RS
Â
Â
Downloads
References
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang-undang no 44 tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia; 2009.
Trimumpuni EN. Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan terhadap Kepuasan Klien Rawat Inap RSU Puri Asih Salatiga. [Tesis]. Universitas Diponegoro, Semarang. 2009.
Respati T, Djoerban B, dan Maryani H. Penerapan Metode Barber Johnson untuk Menilai Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2001; 4(1): 41-52.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI; 2008.
Najori dan Kuntjoro T. Mutu Pelayanan Keperawatan Anestesi Di Rumah Sakit Umum Daerah Sanggau. [Tesis]. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. 2010.
Donabedian A. The Quality of Care: How Can it be Assessed? The Journal of the American Medical Association. 1988; 260(12): 1743-1748.
Jacobalis S. Menjaga Mutu Pelayanan di Rumah Sakit (Quality Assurance). Jakarta: Persi; 1989.
Wijono D. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press; 1999.
Brown TJ, Churchill GA Jr, and Peter JP. Improving the Measurement of Service Quality. Journal of Retailing. 1993; 69(1): 127-139.
Zeithaml VA, Parasuraman A, and Berry LL. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: Simon and Schuster; 1990.
Kenagy JW, Berwick DM, and Shore MF. Service Quality in Health Care. The Journal of the American Medical Association. 1999; 281(7): 661-665.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).