Pengaruh Iklan Rokok terhadap Kebiasaan Merokok Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang
Keywords:
iklan rokok pada acara olah raga, kebiasaan merokokAbstract
Hasil survey yang dilakukan oleh Badan Pusat statistik menunjukkan tingginya angaka perokok aktif di Indonesia, dari angka tersebut ternayata didapatkan bahwa lebih dari 50% perokok aktif tersebu mengawali merokok pada usia relatif muda. Data menunjukkan pula bahwa remaja yang merokok kebanyakan adalah remaja penggemar olah raga (melakukan olahraga dan atau penonton acara olahraga). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklan rokok pada olahraga dengan kebiasaan merokok mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang. Metode penelitian secara Cross Sectional Study dilakukan pada seluruh mahasiswa baru Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Malang tahun 2001, data yang didapat dianalisa secara deskriptif dan analisa dengan koefisien kontingensi C. Hasil penelitian menunjukkan bahawa28,6% dari seluruh mahasiswa tersebut adalah perokok aktif dan lebih 50%dari jumlah tersebut merokok sama dengan atau lebih dari 1 pak perhari. Usia mengawali merokok rata-rata 17 tahun. Olahraga yang paling diminati untuk dilakukan dan atay ditotnton adalah Formula 1 dan sepak bola. Analisa dengan koefisiensi kontingensi C menunjukkan adanya hubungan anatara iklan pada olahraga sepakbola dan formula 1 tersebut dengan kebiasaan merokok. Bila dibandingkan antara iklan rokok yang dikenakan pemain (kostum, tulisan pada mobil), iklan rokok pada arena pertandingan dan iklan rokok disela acara tayangan olahraga tersebut di televisi maka pengaruh yang paling kuat adalah iklan rokok yang dikenakan pemain (PF=0,89) didikuti iklan disela acara tayangan olahraga (PF=0,81) dan iklan pada arena pertandingan (PF=0,38). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh iklan rokok pada olahraga dengan kebiasaan merokok dikalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).