Pengaruh Implementasi Standar Prosedur Operasional Pengembalian Rekam Medis di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Authors

  • Silvia Shinta Devi Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit, Departement of Public Health, Faculty of Medicine, Brawijaya University
  • Nurul Sri Hidayati Rini RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
  • Lukman Hakim Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit, Departement of Public Health, Faculty of Medicine, Brawijaya University

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.5

Abstract

Rekam medis adalah berkas berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Rekam medis merupakan bagian penting dalam klaim asuransi kesehatan. Permasalahan yang dihadapi oleh RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat adalah keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sosialisasi Standar Prosedur Operasional (SPO) Pengembalian Rekam Medis terhadap waktu keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis di instalasi rawat inap RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik menggunakan metode intervensi pre dan post eksperimental pada 314 dokumen rekam medis di 18 ruangan rawat inap RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat selama kurun waktu dua minggu sebelum dan sesudah sosialisasi dilaksanakan. Intervensi instrumen berupa sosialisasi SPO pengembalian rekam medis 1 x 24 jam setelah selesai pelayanan dengan menggunakan poster. Instrumen penelitian berupa laporan bagian assembling Instalasi Rekam Medis di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat. Analisis keterlambatan pengembalian dokumen rekam medis ini menggunakan perhitungan statistik uji t test berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan jumlah dokumen rekam medis yang terlambat setelah selesai pelayanan rawat inap dari rerata 38,60±32,40 menjadi 19,82±30,83 dokumen dan rata–rata hari keterlambatan dari rerata 1,24±1,21 menjadi 0,62±0,22 hari. Pengaruh sosialisasi SPO memberikan pengaruh signifikan terhadap jumlah rekam medis yang terlambat dan tidak berpengaruh signifikan terhadap hari keterlambatan rekam medis rawat inap.
Kata Kunci: Keterlambatan, rekam medis, SPO

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chang IC, Li YC, Wu TY, and Yen DC. Electronic Medical Record Quality and its Impact on User Satisfaction-Healthcare Providers' Point of View. Government Information Quarterly. 2012; 29(2): 235-242.

Putri AE. Transformasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jurnal Legislasi Indonesia. 2012; 9(2): 239-254.

Hidayah DN. Analisa Keakuratan Kode Diagnosa Utama pada Pasien BPJS yang Tidak Terverifikasi di Rumah Sakit Permata Medika Semarang Bulan Januari Tahun 2014. [Skripsi]. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. 2014.

Widowati V. Pengaruh Kecepatan Pemberkasan Rekam Medis Elektronik dan Rekam Medis Manual Rawat Jalan terhadap Ketepatan Waktu Pengumpulan Berkas JKN di Klinik Interne RS Bethesda. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2015.

Setyawan R. Faktor-faktor Keterlambatan Pengembalian Dokumen Rekam Medis Rawat Inap ke Assembling di Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Semarang pada Periode Bulan Maret Tahun 2013. [Skripsi]. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. 2013.

Brahmasari IA dan Suprayetno A. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2009; 10(2): 124-135.

Hidayat T. Analisa Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Petugas Kusta dalam Pelaksanaan SOP Pelayanan Kusta di Puskesmas Kabupaten Sampang. Jurnal Adminsitrasi & Kebijakan Kesehatan. 2012; 10(2): 68-72.

Kurniawan D, Lubis AR, dan Adam M. Pengaruh Budaya Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan International Federation Red Cross (IFRC) Banda Aceh. Jurnal Ilmu Manajemen. 2012;1(1): 132-146.

Sari RY, Suprapti E, dan Solechan A. Pengaruh Sosialisasi SOP APD dengan Perilaku Perawat dalam Penggunaan APD (Handscoon, Masker, Gown) Di RSUD Dr. H. Soewondo. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan. 2014; 1(6): 8-9.

Taurisa CM dan Ratnawati I. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasional dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 2012; 19(2): 170-817.

Natasia N, Loekqijana A, dan Kurniawati J. Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan SOP Asuhan Keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran Kota Kediri. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 2014; 28(1): 21-25.

Bawelle SC, Sinolungan J, dan Hamel R. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat dengan Pelaksanaaan Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Ruang Rawat Inap RSUD Liun Kendage Tahuna. Jurnal Keperawatan. 2013; 1(1): 1-7.

Downloads

Published

2016-08-30

Issue

Section

Supplement