Information for Reviewer
User
Index

JKB telah terindex di Portal GarudaJKB telah terindex di Google Scholar

Notifications
Journal Content

Browse

Berita: Persyaratan dan Kebijakan Publikasi pada Jurnal Kedokteran Brawijaya (JKB)

1. Seluruh proses pengiriman, review, penerimaan dan penerbitan artikel dilakukan secara online, melalui online journal system. Penulis harus mendaftarkan dengan cara melakukan registrasi secara online. Untuk selanjutnya penulis dapat mengirimkan dan memantau perkembangan artikel yang dikirimkan melalui akun penulis dengan cara login menggunakan user id dan password yang didapatkan setelah registrasi.

2. Penulisan artikel harus memenuhi semua aturan dengan taat asas sebagaimana dituliskan pada author guideline yang dapat dilihat pada bagian about> submission> author gudelines. Sebelum naskah di upload pastikan semua aturan dipenuhi baik dalam penulisan judul, abstrak (dua bahasa), tata tulis (jenis, ukuran, style), gaya dan tata bahasa (bahasa tulis ilmiah dan ejaan baku) penamaan sub bab (pemisahan sub bab Hasil dengan Pembahasan, tidak ada sub bab Kesimpulan dan Saran), penulisan referensi dan pengutipan referensi pada naskah (Vancouver gaya JKB).

3. Pada proses submission, step 3, semua nama penulis harus dicantumkan (klik add author) dengan lengkap tanpa gelar, institusi afiliasi (Dept/Program Studi/Lab, Fakultas, Universitas) yang dituliskan lengkap (bukan singkatan), email, alamat korespondensi pos dan nomor telepon instansi yang bisa dihubungi. Penulisan nama penulis yang tidak lengkap akan dikembalikan, karena akan mengakibatkan kekeliruan dalam tampilan publikasi online, maupun archives untuk fungsi searching, yang tidak dapat diedit oleh Redaksi. Jika hanya satu nama yang dituliskan, dalam daftar isi online hanya akan muncul satu nama, serta fungsi searching juga tidak merekam nama yang lain sehingga tidak bisa dicari. Kesalahan dan ketidaklengkapan penulisan nama tidak dapat dikoreksi sesudah submit oleh Redaksi. Pastikan tidak ada kesalahan nama.

4. Judul harus dituliskan yang mencerminkan hasil, maksimal 14 kata, dituliskan dengan huruf besar disetiap awal kata kecuali pada kata sambung. (Kesalahan penulisan pada judul akan menyebabkan tampilan daftar judul secara online juga salah, dan tidak dapat dikoreksi oleh redaksi).

5. Naskah manuskrip di upload di bagian original file step 2 tanpa mencantumkan identitas penulis, karena Jurnal Kedokteran Brawijaya menerapkan blind review.

6. Jumlah referensi minimal 10 dengan 80% merupakan referensi primer (hasil penelitian).

7. Sebagai kelengkapan naskah utama dalam proses submission, beberapa file yang wajib dilampirkan sebagai supplementary file:

a)      Identitas penulis yang mencantumkan judul, abstrak dan identitas penulis lengkap dengan korespondensi alamat instansi, email, dan nomor yang bisa dihubungi.

b)      Pernyataan kelaikan etik (jika riset mewajibkan kelaikan etik)

c)       Form pernyataan penulis yang telah ditandatangani (sebagaimana terlampir di bagian akhir pengumuman ini)

d)      Lampiran atau hasil analisis statistik yang dipandang penting menunjang hasil

e)      Source file gambar/foto (dengan resolusi terbaik) dan grafik

8. Tanda bukti penerimaan naskah (submitted), serta pernyataan naskah diterima untuk dipublikasi (accepted) terkirim melalui sistem online journal system, ke email penulis secara otomatis. Redaksi tidak mengeluarkan bentuk penerimaan dan pernyataan lain.

9. Penulis wajib mengikuti perkembangan proses review dengan membuka akun penulis (log in) dan memilih artikel yang sedang direview. Notifikasi kemajuan setiap perkembangan secara otomatis dikirimkan melalui email.

 

SURAT PERNYATAAN

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini mewakili seluruh penulis yang namanya tercantum dalam artikel ini, menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Semua penulis telah menyetujui artikel kami dengan judul “…………………………….” untuk diproses sebagai bahan terbitan pada  Jurnal Kedokteran Brawijaya.

Urutan penulis telah mendapatkan persetujuan dari semua penulis sesuai dengan kontribusi masing-masing pada penulisan artikel ini

Hasil karya kami tersebut adalah asli hasil karya kami sendiri, tidak mengandung unsur plagiasi, tidak sedang dan tidak akan diproses di jurnal lain.

Apabila dikemudian hari kami hendak menarik artikel tersebut dari Jurnal Kedokteran Brawijaya, kami terlebih dulu akan memberikan surat penyataan penarikan naskah yang dikirimkan ke Jurnal Kedokteran Brawijaya, sesuai dengan kebijakan dan ketentuan Jurnal Kedokteran Brawijaya. Jika kami tidak memberikan surat penarikan naskah, Jurnal Kedokteran Brawijaya tetap berhak melakukan proses pengolahan naskah kami hingga diterbitkan.

Demikian pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya, apabila ada ketidaksesuaian yang ditemukan kami bersedia bertanggungjawab atas ketidaksesuaian tersebut.

…………., ……………………

Materai

Rp. 6000,-

Penulis Utama

 

 

 

(…………………………..)